Monday 10 September 2012

Tembakau Jember Masih di Minati Pasar Dunia


Tembakau asal kabupaten Jember ternyata masih diminati oleh pasar dunia, asalkan kualitas tanaman tembakau tersebut memnuhi kriteria pasar dunia. Hal tersebut disampaikan Ketua Koperasi Agrobisnis Abdul Kahar Muzakkir di sela-sela peresmian Kantor Penelitian dan Pengembangan Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara di jember, kemarin (8/9). “Selama kualitas tembakau Jember memenuhi standar yang diinginkan pembeli di pasar dunia, maka tidak ada kekhawatiran harganya akan jatuh, “kata Abdul Kahar. Menurut dia, petani tembakau harus meningkatkan kualitas tanaman tembakau dan rendah residu, sehingga harganya di pasar dunia membaik seiring dengan peningkatan kualitas.

“Tembakau Jember sudah diekspor ke berbagai negara dan beberapa importir tetap setia membeli tembakau dari Jember seperti importir dari Jerman itu, “tuturnya. Salah seorang importir tembakau Jember dari Jerman, Wolfgang G Kohne, mengatakan petani tembakau tidak perlu resah dengan berbagai kampanye antitembakau dan rokok yang merebak di beberapa negara. Kampanye anti tembakau seperti itu tidak usah dipikirkan karena pada dasarnya sebagian dari masyarakat di dunia ini masih membutuhkan tembakau Indonesia, “tutur importir tembakau Jember itu.

Ia berharap petani tembakau di Jember melaksanakan budidaya tembakau dengan baik karena perbaikan kualitas sangat menentukan harga dipasar dunia. “Apabila kualitas tembakau di negara agraris ini tidak diperhatikan, bukan tidak mungkin eksistensi Indonesia termasuk Jember sebagai penyumbang tembakau terbesar di Dunia akan diambil alih oleh negara lain yang menjadi pesaing, seperti India, Ekuador, Nikaragua, dan Filipina, “paparnya.

Sementara Pejabat Bupati Jember, Zarkasih mengimbau petani meningkatkan kualitas tembakaunya karena Jember dikenal sebagai kota tembakau. “Siapa lagi yang akan mempertahankan tembakau kalau bukan orang Jember sendiri, sehingga kualitas harus diperbaiki agar tembakau Jember menjadi primadona pasar dunia, “katanya.

Data di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember menyebutkan bahwa tembakau Jember diekspor ke 41 negara yang tersebar di berbagai dunia antara lain Jerman, Italia, Belanda dan Amerika. (dikutip dari Harian Bangsa-Jember)

0 comments:

Post a Comment